Kamis, 01 September 2016

Materi MPR Pertemuan ke-2

- Public Relations sebagai alat menejemen.

a. Secara struktural humas merupakan bagian dari organisasi ini berarti fungsi yang melekat pada menejemen perusahaan.

b. Melakukan fungsi 2 arah antara lembaga dan publiknya peranannya.

- Manjemen humas secara operasional, PR berfungsi melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

a. Penelitian untuk memperoleh data primer maupun sekunder.

b. Perencanaan penyusunan suatu program acara, Agenda setting program kerja humas berdasarkan fakta di lapangan.

- Definisi Manajemen PR

Manajemen humas adalah proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh organisasi. proses manajemen humas biasa ditentukan oleh seorang praktisi dalam kegiatan humas.

-Tahapan dalam proses PR

1. Menentukan masalah seperti misal membuat LBM(Latar Belakang Masalah) mecari tujuan.

2. Perencanaan, memiliki tahap-tahap dalam perencanaan sebagai berikut:

a. Penyusunan program

b. Mermuskan program

c. Strategi komunikasi pada tahapan ini menjawab pertanyaan-pertanyaan apa yang harus dilakukan.

3. Aksi & Komunikasi

a. Tahapan ini melaksanakan apa yang sudah pada langkah pertama untk mencapai apa yang sudah dijelaskan.

b. Terkait dengan apa yang dilaksanankan, kapan dilaksanakan, dimana dan melibatkan siapa saja dan media apa yang digunakan.

c. Pada tahapan ini akan menjawab pertanyaan bagaimana melaksanakannya.

4. Evaluasi adalah langkah terakhir untuk mengetahui dan menilai apa yang sudah dilakukan apakah sesuai dengan yang direncanakan, semisal kalau belum bisa diadakan penyesuaian dan juga tahapan ini akan menjawab pertanyaan "Apa yang sudah dilakukan?".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar