1. Definisi Permasalahan : Apa yang sedang terjadi sekarang? atau dikenal dengan Analisis Situasi.
- Praktisi PR harus dapat mengenal situasi, kondisi dan apa penyebabnya.
2. Perencanaan & Program : Apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibicarakan dan harus disertai dengan alasan yang jelas, atau secara umum dikenal sebagai Strategi.
- Dirumuskan dalam bentuk rencana & program termasuk dengan anggaran.
- Memiliki kesepakatan bersama & mendapat dukungan penuh.
3. Aksi & Komunikasi : Harus dilakukan dengan Obyektif.
4. Evaluasi Program : Pengukuran atas hasil tindakan di masa lalu.
Mendefinisikan masalah = RISET
1. Pengumpulan Fakta
a. Data - data sekunder.
b. Content Analysis adalah Analisis berita dari media-media utama.
c. Survei, Praktisi PR melakukan kunjungan ke tempat yang akan dituju.
d. Konsultasi, jasa konsultan. Second Opinion, bersifat objektif.
e. Pengumpulan fakta dari semua opini.
Jenis-jenis Penelitian
1. Penelitian Informal
- Praktisi PR harus mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya terutama yang menyangkut opini dan sikap karyawan terhadap pekerjaan.
- Penelitian dilakukan atas pertimbangan
a. Anggaran PR yang belum memadai
b. Mencegah timbulnya keresahan bila perusahaan melakukan pemeriksaan secara formal.
1.1 Teknik Riset Informal
- Menyimpan dokumen/database
- Kontak utama, Opinion leaders dalam komunitas industri atau organisasi.
- Komite khusus. Kelompok penasihat.
2. Penelitian Sekunder
- Data yang tidak dikumpulkan dan diolah oleh pihak ketiga.
- Data-data yang dipubliskan dan perpustakaan.
- Praktisi PR harus membiasakan diri melakukan skimming atas berita-berita pokok dan membaca secara intensif.
3. Penelitian Formal
- Biasanya menggunakan jasa riset dan perusahaan konsultan lain.
- Wawancara mendalam, FGD atau penelitian statistik. Alasannya:
a. Memerlukan keahliaan profesional yang membutuhkan ketekunan & pengalaman.
b. Memerlukan objektivitas.
c. Menyita banyak waktu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar